Sultan Daeng (AWNI JAMBI) Wujudkan Kemakmuran Pedesaan Melalui Program Pertanian - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Selasa, 20 Agustus 2024

Sultan Daeng (AWNI JAMBI) Wujudkan Kemakmuran Pedesaan Melalui Program Pertanian

Tanjung jabung Timur - Sultan sebagai Anggota  AWNI (aliansi wartawan nasional Indonesia) DPW Jambi angkat bicara terkait sektor pertanian. Jambi (19/08/2024)


Menurut sultan,Kunci untuk membuka kemakmuran pedesaan terletak pada program pertanian dan proyek infrastruktur pemerintah. 


Pertanian merupakan penggerak utama pertumbuhan ekonomi di sebagian besar wilayah, daerah dan pedesaan. 


Permintaan akan makanan pokok, dan berbagai macam olahan komoditas pertanian,   terus meningkat di semua daerah dan negara-negara berkembang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sektor pertanian  pangan dan perkebunan harus dimodernisasi. 


Maka dari itu Pemerintah daerah harus totalitas dalam mendukung peningkatan produktivitas komoditas pertanian yang menjadi sektor unggulan di daerah khususnya di Tanjabtim seperti kelapa, pinang, sawit dan lainnya. 


Salah satu langkah penting dalam membangun ekonomi di sektor perkebunan adalah melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi. Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan teknologi modern, pemilihan varietas tanaman yang unggul, penerapan praktik pertanian berkelanjutan, memanfaatkan Sdm untuk menarik minat generasi milenial berkarya dan berinovasi di sektor pertanian (agrobisnis). Untuk menghindari ancaman krisis petani di Indonesia. Rektor Institute Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria menyebut “rata-rata petani saat ini berusia 47 tahun ke atas. Petani Indonesia akan menjadi krisis pada 10-15 tahun mendatang”  kata arif usai bertemu menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo di kantor kementerian pertanian,Jakarta selatan.


Tentu kita semua berharap pemerintah, khususnya di tingkat daerah menfasilitasi generasi muda membawa perubahan yang lebih baik untuk negeri ini lewat sektor pertanian. 


Terkait dengan situasi dan kondisi di Tanjung Jabung Timur, provinsi Jambi, "saya sebagai putra daerah sangat menyayangkan pembangunan maupun peremajaan infrastruktur pendukung pertanian belum merata, baik secara perencanaan dan pelaksanaan. Dari informasi yang berkembang di publik di berbagai kecamatan (seperti Sadu) dan desa-desa di Tanjabtim, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur, jalan maupun tanggul sering di alihkan demi kepentingan kelompok dan kalangan tertentu, sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi petani dan berdampak kesenjangan di berbagai kalangan masyarakat akibat pembangunan yang belum merata, dan tidak ber-keadilan. 


Maka daripada itu pengemban amanat Rakyat atau yang menjalankan tugas eksekutif, legislatif, maupun lembaga terkait lainnya penting untuk berinvestasi di sektor pertanian dan infrastruktur, dan itu berarti pemerintah sedang menanam benih untuk masa depan yang makmur bagi semua lapisan masyarakat khususnya pedesaan.


Mari kita sama-sama berkolaborasi, berinovasi untuk solusi Indonesia maju. Dan berani bersuara untuk perubahan. Tutup beliau sebagai putra daerah Tanjabtim dan juga Kordinator liputan AWNI DPW Jambi. (Sultan Daeng)

Pages