Ayo Terapkan GERMAS, Sekda; Semoga Diterapkan Dalam Keseharian - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Rabu, 31 Juli 2024

Ayo Terapkan GERMAS, Sekda; Semoga Diterapkan Dalam Keseharian

Batanghari -:Pemerintah Kabupaten Batang Hari melalui Dinas Kesehatan Batang Hari melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bertempat di Alun-Alun Batang Hari pada Jum'at pagi (26/7/24).

 

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat. Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni. Ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat.

 

Kegiatan GERMAS yang diawali dengan senam bersama, jalan santai, pemeriksaan kesehatan gratis bersama Sekretaris Daerah Batang Hari, Asisten I, II, III Setda Batang Hari, Kepala OPD dan Staf dalam lingkup pemkab batang hari. 

 

Menurut Sekda Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Sekda melanjutkan bahwa GERMAS dapat dilakukan dengan cara Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

 

Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar, semoga kegiatan Germas ini dapat kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari. (Solihin)

Pages