Diduga Kepala Desa Sungai Pandan Kangkangi Aturan Salurkan Beras (CBP - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Sabtu, 11 November 2023

Diduga Kepala Desa Sungai Pandan Kangkangi Aturan Salurkan Beras (CBP

Kysanews.com - Menyikapi naiknya harga beras saat sekarang yang mencapai harga 14-15 ribu perkilo kg, pemerintah mulai menyalurkan bantuan panganan cadangan beras bagi masyarakat yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial(DTKS) Kemensos, Sabtu (11/11/2023) 


 seperti di desa sungai pandan kecamatan Rimbo ulu, kabupaten tebo, penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah dilaksanakan, di balai desa sungai pandan. 


Hadir dalam acara tersebut kepala desa sungai pandan dan perangkat desa berserta pendamping desa, dan KPM,


Saat di konfirmasi Kepala desa sungai pandan di kantor desa , tempat ruangan kepala desa,  justru dia mengatakan untuk jumlah total penerima bantuan beras sebanyak 80 KPM yang mendapat kan bantuan saluran beras,


Menurut informasi dari salah satu narasumber yang tidak mau di sebutkan namanya,

 pembagian beras (CBP) di bagi rata oleh pemeritahan desa sungai pandan, menurut informasi tersebut awak media mencoba komfirmasi dan  menemui langsung  kepala desa sungai pandan ,


dengan tujuan konfirmasi terkait adanya pembagian  beras (CBp) degan bagi rata oleh pemerintahan desa  yang didapat dari salahsatu narasumber. 


Saat awak media kysan news co, bersama starindonew com, dan golobal ivestigasi, mendatangi kantor desa sungai pandan 

 Lalu buk kades mempersilahkan  kami masuk dengan menanyakan niat dan tujuan kami ,


Degan kedatangan tiga media ini pengen konfirmasi buk kades, terkai informasi pembagian beras (CBP) di bagi rata apakah itu benar atau tidak. 


Kepala desa sungai pandan

  Megatakan ya itu  benar dan itu adalah hasil musyawarah kami perangkat desa

 pungkas buk kades.


 Untuk jumlah total penerima bantuan beras sebanyak 80 penerima, bantuan tersebut dari badan pangan nasional dengan basis data penerima dari kemensos, dan bulog hanya sebagai penyedia komoditi dan petugas teknis penyaluran bantuan bekerja sama. 


Menurut keterangan buk kades bersama kaur dan kadus,kami musyawarah enteren saja untuk pembagian beras( CBP,) lansung hari itu kami bagi rata sehingga masyarakat sama-mendapat kan dengan pembagian merata masyarakat mendapat kan beras kurang lebih 1kg.


Waktu awak media, mengkonfirmasi lagi kepada salah satu perangkat desa sugai pandan,  dan hasil musyawarah penyaluran beras CBP tidak ada ,


 salah satu perangkat desa yang di konfirmasi menjelaskan, bahwa penyaluran itu tidak pernah musyawarah, 


kalau menurut saya itu keputusan yang  salah karena sudah merugikan KPM.


 KPM yang dirugikan itu sagat kecewa kerena hak mereka sudah di potong degan kebijak perangkat desa sugai pandan itu kurang lebih 9 Kg dengan jumlah nya 80 ujar perangkat desa,


Padahal data pemerintah sudah di tentukan oleh kemensos, ketika pelaksanaannya di lapangan terdapat perubahan data penerima seperti meninggal dunia, pindah atau status ekonomi nya sudah meningkat,


 maka perlu dibuatkan surat pernyataan tanggung jawab mutlak, (SPTJM) Untuk segera di tindaklanjuti pihak desa dan petugas penyalur. 


yang sangat di sayangkan kenapa pemerintahan desa sungai pandan mampu merubah perundang-undangan, degan  bantuan beras (CBp) di laksanakan mulai bulan September sampai dengan Oktober 2023.


 Tolong kepada intansi terkait  ispetorat agar dapat mengambil tindakan tegas kepada pemerintahan desa sugai padan  yang telah meng,kangkangi  aturan yg berlaku,   dengan peraturan per udang udangan. 


(Nurul fajri)

Pages