Tim Surveior Re Akreditasi Lakukan Survei Untuk Penilaian Akreditasi UPT Puskesmas Tanjung Berlian Kecamatan Kundur Utara - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Sabtu, 21 Oktober 2023

Tim Surveior Re Akreditasi Lakukan Survei Untuk Penilaian Akreditasi UPT Puskesmas Tanjung Berlian Kecamatan Kundur Utara

Karimun,  Kysanews.com - Tim Surveior Re Akreditasi dari Lembaga Lafkespri Kepulauan Riau gelar kegiatan penilaian akreditasi dengan menggali informasi  dari lintas sektor terkait implementasi pelayanan kesehatan masyarakat maupun perorangan yang berlangsung di Aula UPT Puskesmas Tanjung Berlian, Jumat (20/10/2023). 


Kegiatan tersebut dipimpin Surveior TKSD  Dr. Muslim, MPH  didampingi Surveior TKPP  Dr. Muhammad Pisal serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Drs.Rachmadi, Apt, MAP, yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Soeryadi, M. MPub. 


Acara tersebut juga dihadiri Camat Kundur Utara Murnizam M.M, Kepala UPT Puskesmas  Tanjung Berlian Dwiyono, S.Kep., Lurah Tanjung Berlian Bambang Iryantos, Babinsa  Tanjung Berlian,  Kades Tanjung Berlian Barat Tribowo,  Plt. Kades Teluk  Radang Ismail, SAP, Kades Sungai Ungar Utara Abd. Halim S.E, Kades Prayun Tarob Murdiono,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua  tim PKK Kundur Utara, Pegawai Pustu dan Kader Posyandu serta undangan lainnya.


Disela kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Drs.Rachmadi, Apt, MAP yang diwakili Seketaris Dinas Kesehatan Soeryadi M.MPub mengatakan, kegiatan ini digelar bertujuan  untuk menampung masukan-masukan dari berbagai lintas sektor terkait pelayanan kesehatan masyarakat untuk mendukung proses Akreditasi  UPT Puskesmas Tanjung Berlian. 


Akreditasi merupakan suatu standar Nasional yang bukan hanya di Kundur Utara  maupun Kepulauan Riau tetapi seluruh Indonesia.

Apabila sudah terakreditasi  dengan grip berapa  nanti, berarti pelayanan yang diberikan UPT Puskesmas ini sama dengan pelayanan seluruh Indonesia, kata Soeryadi. 


Oleh sebab itu dengan adanya Re Akreditasi yang dilakukan untuk kedua kali ini, diharapkan UPT Puskesmas Tanjung Berlian  bisa meningkat dari yang diperoleh pada Akreditasi tahun 2017 lalu karena upaya dan usaha yang dilakukan rekan-rekan di UPT Puskesmas ini sudah sangat luar biasa, ujar Soeyadi, M. MPub.  


Sementara dalam penjelasannya, Tim Surveior TKSD Dr. Muslim MPH, mengatakan, pelaksanaan kegiatan Akreditasi ini merupakan salah satu upaya dalam menggali informasi yang difokuskan pada permasalahan Rujukan dan pembuangan air besar sembarangan.

Dari informasi yang kami gali, kedua hal tersebut  mungkin potensinya masih perlu diangkat untuk mencari solusi yang bukan hanya dilakukan  pihak Puskesmas tetapi diselesaikan bersama lintas sektor. 


Untuk rujukan khususnya kasus-kasus emergency yang terjadi pada malam hari harus disediakan. Dalam hal ini ternyata sudah ada dari pihak PT Timah Tbk walaupun masih dalam proses perbaikan. Solusi lainnya seperti mengusulkan anggaran ke Perkim dan Baznas melalui Proposal serta melalui Dana Desa. 

Hal itu sah-sah saja semuanya punya peran masing-masing yang penting masyarakat bisa terlayani dengan baik, jelas Muslim. 


Dengan dilaksanakannya Re Akreditasi ini, diharapkan UPT Puskesmas Tanjung Berlian Kundur Utara bisa melakukan peningkatan mutu yang berkesinambungan baik peningkatan mutu Administrasi maupun pelayanan kesehatan masyarakat dan kesehatan perorangan dengan melibatkan Klinik-klinik, Polindes dan Pustu yang ada di wilayah Tanjung Berlian Kundur Utara. 

Kami hanya memotret dan menilai kemudian diajukan ke Lembaga dan nanti kita tunggu hasilnya yang dikeluarkan Dirjen Mutu Kementerian Kesehatan, ujar Muslim. 


Muslim menambahkan, kegiatan Akreditasi di Kabupaten Karimun baru dilakukan pada UPT Puskesmas Tanjung Berlian Kundur Utara dan 

kedepannya pada  Tanggal 27 Oktober 2023 akan dilakukan kegiatan Akreditasi yang sama pada UPT Puskesmas Tanjung batu  Kecamatan Kundur, ucap Muslim mengakhiri. 



(Maklum Nainggolan)

Pages