Hari Raya Galungan, Ketua Seknas Jokowi Kota Metro Ajak Warga Kedepankan Toleransi - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Kamis, 11 November 2021

Hari Raya Galungan, Ketua Seknas Jokowi Kota Metro Ajak Warga Kedepankan Toleransi

Kota Metro - "Om Swastiaastu Om Ano Bhadrah Krattawoyantu Wistawah. Rahajeng Rahima Galungan lan Kuningan, Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kesejahteraan dan keselamatan pada kita semua. Om Santih Santih Om".


Hari raya Galungan tahun ini jatuh pada tanggal 10 November 2021, bertepatan dengan Hari Pahlawan Indonesia. Umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan setiap 210 hari sekali. Hari Raya Galungan hendaknya untuk memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) terhadap Adharma (keburukan).


ANDY SAKTI (Ketua Seknas Jokowi Kota Metro-Lampung) mengajak Umat Hindu, khususnya yang ada di Lampung  untuk mengedepankan semangat toleransi dan kerukunan. Hari Raya Agama hendaknya menjadi momentum bagi seluruh umat beragama untuk makin memupuk semangat toleransi serta mempererat tali persaudaraan.


"ANDY SAKTI atas nama pribadi dan mewakili Pengurus, Anggota Seknas Jokowi Kota Metro mengucapkan Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan lan Kuningan, selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan pada umat Hindu. Semoga berjalan nyaman, aman, tertib, mengedepankan persatuan, kesatuan, kerukunan dan toleransi antar umat beragama".


Hari Raya Galungan saat ini diharapkan mampu meningkatkan keimanan umat Hindu dan memupuk toleransi dan nilai kebersamaan dengan umat lain. Jika dari dalam diri sendiri sudah memiliki fondasi yang kuat dilandasi sifat-sifat Dharma, maka kerukunan dan rasa toleransi baik sesama maupun antar umat beragama semakin baik dan menjadi warna dalam masyarakat.


Dikesempatan acara Galungan tersebut, Bapak Ketut Muliartono selaku Sekretaris Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI), menyampaikan keluhan seperti belum adanya upah guru pendidik Pasraman dari pemerintah, selain itu juga pengajuan Profosal bantuan untuk bangunan rumah ibadah umat Hindu khsusnya di Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung yang diajukan dari awal tahun 2021 belum juga ada bantuan dana pembangunan rumah ibadah umat Hindu. Besar harapan kiranya bagi pihak Pemerintah dapat memberikan bantuan. (Andy Sakti)

Pages