Lsm Sidik Perkara Akan Laporkan Luncuran Masalah Dana BUMDES Desa Kebun Berangir Yang diduga Menuai Masalah - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Selasa, 14 September 2021

Lsm Sidik Perkara Akan Laporkan Luncuran Masalah Dana BUMDES Desa Kebun Berangir Yang diduga Menuai Masalah

 Labuhan Batu Raya - Lembaga sosial masyarakat (Lsm) Sidik Perkara Labura ,berniat akan melaporkan masalah kucuran usulan anggaran dana untuk Badan Usaha milik Desa (Bumdes) Desa Perkebunan Berangir kecamatan Na IX X Labura yang di nilai telah melakukan dugaan penggelembungan (mark up) anggaran dana baik itu pembelian peralatan pesta  maupun pengadaan alat transportasi jenis truck colt diesel ps 100 Tahun 2005 yang seken. yang dimaksud sebagai kendaraan pengangkutan alat alat pesta sebagai ajang usaha milik desa namun diduga banyak menuai masalah.
.
Namun kenyataannya  di lapangan telah berselang beberapa tahun pihak pengelola Bumdes belum juga mendapatkan hasil keuntungan apapun dari kucuran anggaran yang telah diterima pihak Bumdes senilai ta 2019 Rp 278.350.000 dan untuk kucuran Ta  2020 menerima dana desa lagi senilai Rp.200.000.000.

beberapa warga sangat menyesalkan efektifitas penggunaan dana desa yang dikelola Bumdes in yang tidak efektif dan menghamburkan anggaran saja. 

Hasil pantauan Media dilapangan terlihat Truck sudah di luar gudang menurut informasi dalam akan digunakan untuk mengangkut sawit diluar desa Kebun Berangir.

Saat penggunaan  dana Bumdes ini dipertanyakan kepada Ketuanya  Sukandar Dikediamannya Kamis  (09/09) memang kami sudah mendapat kucuran anggaran Bumdes tahun 2019 untuk membeli Peralatan pesta sekitar Rp 200.jutaanlah tapi tidak bisa dimanfaatkan karena uangnya untuk membeli peralatan yang komplit tidak cukup barulah di tahun 2020 inilah  kami bisa membelikan tambahan peralatan pestanya , kemudian membeli 1 (satu) unit truk Colt diesel jenis ps 100. Yang seken .
Maksud diadakannya kendaraan ini untuk mengangkat peralatan peralatan pesta dan gudangnya di rumah Kadus kebun ini.
berhubung karena Masa pandemi Covid belum bisa kami operasional
Kan usaha Bumdes ini.sekutar 4 (empat) kali lah baru di sewa orang peralatan itu.
Kalau trucknya tetap kita gudangkan sebenarnya kami hanya transparan kepada PMD dan kades saja.jadi begitulah dulu keterangan saya.

 

Ketika hal kucuran dana Bumdes ini ingin dikonfirmasikan kepada kaur keuangan Ratna Shinta Dewi  yang saat itu sebagai penerima  usulan Bumdes melalui verifikasinya  mendatanginya  kerumah kades Jumat (10/10) sebab ia anak putri pak kades Supri Arianto ,terlihat berada di rumah tapi masuk menghindar. 

Memberi keterangan Seketaris jenderal Lsm Sidik Perkara Labura, M Nasti selasa (14/09) di Aek kanopan , kita sudah memantau dan menginvestigasi tentang pengadaan usulan yang diduga tidak diverifikasi secara benar oleh tppk nya  anak Kadesnya Ratna Shinta dewi saat ini menjabat sebagai Kaur keuangan
disinyalir adanya rekayasa dan penggelembungan anggaran dana sebesar +_ 476.350.000.dalam pembelian peralatan usaha Bumdes yang diketahui belum bermanfaat memberikan hasil  kepada Desa
Dan kita akan minta nanti laporan pertanggung jawaban usulan pengadaan Bumdes Desa Kebun Berangir ini ke Dpmd Labura .
Bila data lengkap pasti kita akan tindak lanjuti hasil temuan dugaan kkn ke aparat penegak hukum .tegas M Nasti (SY).

Pages