Lomba B2SA Berbasis Potensi Lokal dan Lomba Masak Serba Ikan - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Kamis, 12 Agustus 2021

Lomba B2SA Berbasis Potensi Lokal dan Lomba Masak Serba Ikan

 

Aceh Tamiang, Kysanews.com - Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Aceh Tamiang Mengadakan Perlombaan Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2SA) Yang Berbasis Sumber Daya Lokal Serta Lomba Masak Serba Ikan. 

Kegiatan Berlangsung di halaman Pendopo Bupati Aceh Tamiang Pada Selasa (10.08.2021), Dikecamatan Kota Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.


Dalam Sambutannya Kepala Dinas Pangan Kelautan Dan Perikanan (DPKP) Aceh Tamiang Safuan Mengatakan " Lomba B2SA Berbasis Potensi Lokal dan Lomba Masak Serba Ikan digelar untuk Menepis Isu Anak-Anak dilarang Mengkonsumsi Ikan Terlalu banyak".


"Beliau Juga Mengajak Masyarakat Agar Selalu Gemar Memakan Ikan. Gerakan Masyarakat Memakan ikan harus digalakkan Agar Tingkat Konsumsi Masyarakat Meningkat, Sehingga Melahirkan Sumber Daya Manusia Berkualitas," Kata Safuan. 

  

Safuan juga Menjelaskan, "Kegiatan ini di Ikuti Oleh Ibu-Ibu PKK Yang Berada di 12 (Dua Belas ) Kecamatan yang Berada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan lomba Ini Merupakan Agenda Rutin yang dilaksanakan Setiap Tahun,Bagi Para Peserta Yang Memenangkan Lomba tersebut akan Mengikuti Perlombaan ke Tingkat Provinsi dan bila Menang di Tingkat Provinsi akan Melanjutkan lagi Ke Tingkat Nasional", Tutup Safuan. 

 

Pada Kesempatan Yang Sama, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Rita Syntia  Mengatakan "Pangan Berbahan Dasar Ikan Memiliki Gizi Tinggi. Dengan Berinovasi, Maka Meningkatkan Minat Konsumsi Ikan, Khususnya Pada Anak-Anak".


"Kabupaten Aceh Tamiang Memiliki Sumber Daya Perikanan yang Luar Biasa.Karena itu, Kami Mengajak Ibu Rumah Tangga Menciptakan Bermacam-Macam Produk Pangan Berbahan Dasar Ikan," Kata Rita Syntia.


"Selain Berinovasi Membuat Pangan dari Ikan, Rita Syntia Juga Mengajak Ibu Rumah Tangga di Kabupaten Aceh Tamiang Mengembangkan Pangan Bersumber Karbohidrat Pengganti Nasi, Sehingga Makanan Sehari-hari Memiliki Variasi Tanpa Mengurangi Komposisi Gizinya.


"Dengan Inovasi Ini Ibu-Ibu di Rumah Tidak lagi Menggunakan Nasi dan Nasi Sebagai Makanan Pokok Tiga Kali Sehari,Para Ibu Dapat Mengganti Nasi Dengan Menu Sejenis Seperti Ubi,Jagung dan Pisang Dengan Kadar Gizi Yang Setara," Kata Rita Syntia.


Rita Syntia Juga Mengatakan Kabupaten Aceh Tamiang Memiliki Potensi Sumber Daya Pangan yang Luar Biasa. Dengan Potensi Tersebut, Aceh Tamiang Bisa Mengembangkan Beragam Jenis Pangan Bergizi, Sehingga Minat Mengkonsumsi Makanan Bergizi Terus Meningkat.


Peningkatan Pangan Bergizi Tersebut juga Bagian dari Upaya Mencegah Stunting atau Tubuh Pendek Terhadap Anak-Anak. Pencegahan stunting ini juga Merupakan Program Nasional,Jelasnya.


"Kami Berupaya Menyukseskan Program Pemerintah Untuk Mewujudkan Anak Indonesia Menjadi Anak Generasi Emas di Tahun 2045. Upaya yang dilakukan di Antaranya Mengajak Masyarakat Mengonsumsi Makanan Bergizi," Tutup Rita Syntia.

 

Turut Hadir Pada Kegiatan Tersebut, Bupati Aceh Tamiang, Ketua DPRK, Ketua Komisi lll, Asisten ll, Camat Dalam Kabupaten Aceh Tamiang, atau yang Mewakilinya Serta Para Tamu Undangan.(Azn)

Pages