Dukung Program Ketahanan Pangan Unggulan Bupati, Marmin Tanam Kentang Hasilkan 30 Ton - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Jumat, 13 Agustus 2021

Dukung Program Ketahanan Pangan Unggulan Bupati, Marmin Tanam Kentang Hasilkan 30 Ton



Lampung Barat, Kysanews.com - Soal pangan adalah soal hidup matinya suatu bangsa,apabila kebutuhan pangan tidak tercukupi maka suatu negara atau daerah akan mengalami kelumpuhan, Jum'at (13/8/2021).


Dalam Surat Edaran Program pangan mandiri Kabupaten Lampung Barat yang merupakan program unggulan Bupati parosil mabsus Salah Satu Poin Yang Paling penting adalah  Agar kita bisa memanfaatkan lahan lahan kosong, pekarangan kosong, untuk di manfaatkan dengan tanaman yang mampu menghasilkan sumber karbohidrat selain beras, seperti talas, pisang,singkong, Kentang dan jenis tanaman lainya.


Seperti apa yang dilakukan Mas marmin petani sayur mayur yang berasal dari pekon tambak Jaya kecamatan way tenong dengan melakukan budidaya tanaman kentang sebagai upaya langkah mendukung program ketahanan pangan pangan mandiri yang selama ini memang sedang di gencarkan oleh pemerintah kabupaten Lampung barat dengan menanam kentang seluas  1 hektar.


" Kabupaten Lampung barat memiliki tanah yang subur tanaman kentang sangat cocok di dataran tinggi khususnya kabupaten Lampung barat, budidaya tanaman kentang sangat menjanjikan perawatan yang tidak begitu rumit harga di pasaran stabil, jadi sangat disayangkan kalau sampai kita tidak membudidayakan tanaman kentang," Ujarnya.


Dalam satu hektar tanaman kentang yang ditanamnya  Mas Marmin menghabiskan modal kurang lebih 60 juta, masa panen 90 sampai 100 hari Menurut Mas marmin dalam luasan lahan 1 hektar mampu menghasilkan kentang berkisar 27 sampai 30 ton dengan harga berkisar Rp. 8.000  Sampai Rp. 10,000 per kilogram.


Jadi bisa kita hitung pendapatan mas marmen dalam waktu 90 hari, mampu mencapai Rp 150.000,000. sungguh menggiurkan bukan.


Lanjut Mas Marmen bagi masyarakat yang berminat atau memang ingin membudidayakan tanaman kentang bisa menghubungi beliau Mas Marmin  siap menyediakan bibit pengawalan teknis mulai dari perawatan pengobatan pemupukan hingga panen.


" Selain itu mas Semar menambahkan untuk komunitas tentang mengenai pemasaran kita tidak perlu pusing dan bingung, selama ini yang kita tau kebutuhan kentang kabupaten Lampung barat banyak dipasok dari daerah luar, kalau bumi Lampung barat memiliki tanah yang subur mengapa kita tidak membudidayakan nya sendiri,"Ajaknya. (Her/Sam).

Pages